Berita Utama

BPK Kaltara Gelar Upacara Memperingati HUT Ke- 72 Kemerdekaan Republik Indonesia

18/08/2017 – 15:27

IMG_5638Pada 17 Agustus 2017, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara menyelenggarakan Upacara Bendera memperingati HUT Ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara, Tarakan

Upacara tersebut dipimpin oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Utara, Tornanda Syaifullah, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dan diikuti oleh seluruh Pejabat dan Pegawai BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara.

Ketua BPK RI Dr. Moermahadi Soerja Djanegara, C.P.A., CA. melalui pidatonya yang dibacakan oleh inspektur upacara, mengatakan bahwa BPK sebagai salah satu lembaga negara harus mengambil peran strategis untuk mengisi kemerdekaan ini. Peran tersebut diwujudkan melalui Visi BPK dalam Rencana Strategis 2016-2020, yaitu sebagai pendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan bernegara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat.

IMG_5681BPK akan memastikan program-program prioritas pembangunan nasional telah direncanakan, dilaksanakan dan dilaporkan secara transparan, akuntabel, ekonomi, efisien, dan efektif. Dengan demikian, fokus pemeriksaan BPK, tidak hanya pada assurance terkait administrasi pengelolaan keuangan negara, tetapi juga assurance terkait capaian substansi (outcome dan dampak) atas program pembangunan pemerintah.

Pada akhir pidatonya Ketua BPK mengingatkan bahwa perlu dibangun sinergi bersama untuk meningkatkan kualitas dan manfaat kelembagaan BPK. Hal ini penting untuk mempertahankan kepercayaan publik, terutama pada saat BPK sedang mendapatkan sorotan publik. Dan untuk meningkatkan kualitas dan manfaat kelembagaan BPK ini, perlu memperkuat implementasi Standar Pemeriksaan Keuangan Negara dan Kode Etik.

Upacara yang dimulai pada 07.30 WITA tersebut berlangsung dengan tertib dan khidmat.

IMG_5678Pada kesempatan tersebut juga diadakan penyematan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya X Tahun kepada pegawai BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara, yang pada tahun ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 65/TK/Tahun 2017 tanggal 25 Juli 2017 diserahkan kepada Wulandari Hermawati (NIP 198703172007012001), staf Subbagian Keuangan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara.

Setelah upacara diadakan syukuran secara sederhana HUT Ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dengan acara makan bersama.

IMG_5722


  • Polls

    Bagaimana Penerapan Zona Integritas di BPK Perwakilan Kalimantan Utara Saat ini Menurut Anda?

    View Results

    Loading ... Loading ...