Berita Utama

Penyelenggaraan Knowledge Transfer Forum (KTF) “Menggali Potensi Audit Kinerja di BPK”

18/12/2017 – 15:22

Han Han Edyamsyah selaku narasumber dalam acara KTF dengan tema “Menggali Potensi Audit Kinerja di BPK” di BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara pada Senin, 11 Desember 2017. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Subauditorat BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara, Joni Rindra Putra.

Dalam acara tersebut, dipaparkan tentang kinerja, audit kinerja di Victorian Auditor’s General Office (VAGO) di Melbourne, Australia, dimana beliau mendapatkan pengalaman selama magang pada perencanaan audit kinerja atas Community Health Centers VAGO. “Mengukur kinerja itu penting karena dalam suatu performance management, informasi kinerja dibutuhkan dalam pengambilan keputusan disetiap siklus manajemen mulai dari planning, budgeting, management dan evaluation”, papar Han Han Edyamsyah.

Selain itu, beliau juga membagi pengalaman tentang proses audit kinerja di VAGO, dimana proses audit kinerja di VAGO dimulai dari Tahap Annual Planning, Tahap Planning, Tahap Conduct dan Tahap Reporting. Dalam annual planning, akan dilakukan kajian terlebih dahulu apakah audit itu diperlukan atau tidak, merupakan kepentingan umum atau tidak. Annual planning ini akan menjadi tonggak tentang perencanaan audit selanjutnya (tahap planning). VAGO melaksanakan audit kinerja selama 3 bulan untuk proses audit pendahuluan dan 8 atau 9 bulan audit terinci.

Dalam kesimpulannya, Han Han Edyamsyah mengungkapkan tentang hal yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas audit kinerja di Indonesia antara lain: (1) Mengawal Kemajuan Pembangunan dan Penyelesaian Masalah Jangka Panjang dengan Audit atas Indikator Kinerja; (2) Kajian Awal dan Konsultasi dengan Sektor Terkait untuk memilih topik-topik yang sangat signifikan dan urgent; (3) Pemanfaatan Tenaga Ahli untuk memperluas aspek yang dapat diaudit, dan memperbaiki kualitas kriteria audit; (4) Memperkaya Tools Auditor dengan Sertifikasi dan Pelatihan Prosedur Analisis; dan (5) Strategi Komunikasi dalam Pelaporan untuk Memperluas Jangkauan dan Meminimalisir Penyalahgunaan Informasi.

“Semoga penyelenggaraan KTF ini dapat memberikan manfaat atau tambah ilmu bagi kita semua “, pesannya. (OL).


  • Polls

    Bagaimana Penerapan Zona Integritas di BPK Perwakilan Kalimantan Utara Saat ini Menurut Anda?

    View Results

    Loading ... Loading ...